Sabtu, 13 Juni 2015

SPONGE CAKE "tanpa emulsifier"

SPONGE CAKE "tanpa emulsifier"


Lagi suka nguplek resep cake yang telurnya minimalis tapi tetep enak dan lembut. Sekaligus penasaran juga gimana caranya supaya tanpa emulsifier tapi cake tetep ngembang dan lembut. Buka beberapa resep dan akhirnya uji coba pertama lansung berhasil. Tekstur cakenya ringan dan lembut. Nih resep dan langkah-langkanya saya posting di bawah. Kalau  upload foto resep diatas menggunakan pasta strawberry, jadi berwarna kemerahan dan wangi buah. 
Bahan-bahan
4 butir telur
100 gram tepung terigu
100 gram gula pasir
50 gram margarin cair
1/2 sdt vanilli
 
Cara buat
Campur rata tepung terigu dan vanilla. Siapkan wadah agak besar diisi dengan air hangat. Masukkan telur dan gula pasir ke dalam wadah yang ukurannya lebih kecil dan masukkan ke dalam wadah yg berisi air hangat tadi. Kemudian kocok sampai mengembang dan kental dengan kecepatan tinggi. Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit dan aduk memakai spatula.
Ambil 2 sdm adonan masukkan ke dalam margarin leleh, aduk sampai rata. Kemudian masukkan kembali campuran ini ke dalam adonan dan aduk rata.
Klu suka bisa ditambahkan pasta untuk variasi aroma. Panggang menggunakan loyang diameter 20cm yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti selama 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar