Jumat, 05 Februari 2016

Pizza Bolognese


  
Rasanya seperti bangun dari tidur yang panjang, selesai dari semua kesibukan akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016. Syukurlah...kali ini sudah bisa meluangkan waktu lagi untuk berbagi resep. Makanan yang sebenarnya saya suka dari sejak remaja, cuma....jarang makan soalnya sayang harganya termasuk mahal sih buat kantong anak sekolah saat itu. Pizza... Saya jatuh hati dengan makanan ini, ada rasa bumbunya yang unik lain dari makanan lain. Hehe...kalau sekarang lain cerita, mau makan pizza kapan aja juga bisa. Intip resepnya yukk...

Bahan adonan/dough:


  1. 10 sdm tepung cakra
  2.  1 sdm gula pasir
  3. 1/2 sdt fermipan
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 butir telur ayam
  6. 1 sdm margarin
  7. 3 sdm minyak goreng
  8. 7-8 sdm air hangat
Bahan topping: 
Gunakan bahan-bahan favorit saja seperti sosis, keju cheddar, keju mozarella, mayonaise, saos bolognese, bawang bombay, saus tomat.

Berikut step by step cara membuatnya:
  1. Campur dalam suatu wadah tepung cakra, gula pasir dan fermipan. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur, aduk sambil ditambahkan air sedikit demi sedikit. Saat mengaduk bisa menggunakan tangan saja atau mixer.
  3. Setelah setengah kalis tambahkan margarin dan minyak goreng. Setelah rata tambahkan garam.
  4. Lanjutkan menguleni hingga kalis. Kemudian bentuk adonan membulat dan diamkan selama 1 jam. Jangan lupa tutupi wadah dengan serbet basah.
  5. Setelah 1 jam adonan akan mengembang dua kali lipat. Kemudian kempeskan. Gilas adonan hingga rata dan membentuk membulat atau sesuai selera.
  6. Letakkan di atas loyang, ratakan dan tusuk-tusuk dengan garpu kemudian diamkan lagi selama 1 jam.
  7. Untuk topping bisa dikreatifitaskan sesuai selera. Saya menggunakan potongan sosis yang ditumis sebentar dengan bawang bombay. Kemudian dicampur dengan saus bolognese dan saus tomat. Kemudian ratakan di atas adonan yang sudah disiapkan. Taburi dengan keju mozarella dan sedikit keju cheddar. Terakhir tambahkan saus mayonnaise. 
  8. Panggang dengan oven yang sudah dipanaskan sebelumnya hingga bagian atas pizza agak kecoklatan. Kurang lebih sekitar 15 menit.
  9. Sajikan panas-panas nikmattt banget.
    Sengaja resepnya pakai ukuran sendok makan, karena terlalu sering bikin pizza. Jadi pake takaran yang praktis saja. Yukk silahkan dicoba...sangat menggoda loh aromanya saat proses pemanggangan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar