Minggu, 20 Maret 2016

Pandan Pound Cake

Resep pound cake yang satu ini istimewa sekali. Harumnya ga nahan man teman.... Teksturnya sangat lembut dan lembab. Nah untuk dapat tekstur yang lembab ini ada triknya sendiri loh, cuma dari cara pemanggangannya saja. 
Berikut resepnya...
Bahan-bahan:
  • 120 gr butter
  • 120 gr tepung terigu protein rendah
  • 150 gr susu kental manis putih
  • 40 gr gula pasir
  • 1 sdt pasta pandan
  • 1/4 sdt garam halus
  • 2 butir telur
Cara Membuat:
  1. mixer butter dan gula halus hingga berwarna pucat dan teksturnya kental atau creamy
  2. tambahkan garam dan pasta pandan kemudian mixer asal rata aja
  3. turunkan kecepatan mixer kemudian tambahkan susu kental manis dan mixer lagi sampai rata
  4. masih dalam kecepatan rendah tambahkan tepung sedikit demi sedikit dan lanjutkan dimixer sampai rata
  5. tambahkan telur satu per satu lalu mixer sampai rata. Beri jarak 1 menit per telur
  6. Tuang ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti
  7. Siapkan loyang kosong kemudian isi dengan sedikit air. Letakkan di rak oven bagian paling bawah. Taruh loyang adonan pada rak bagian tengah.
  8. Oven selama kurang lebih 25 menit dengan suhu 180 derajat celsius, atau sesuaikan dengan kondisi oven masing-masing.


Untuk hasil irisan yang bagus sebaiknya tunggu cake suhunya hangat atau dinginterlebih dahulu, kalau dipotong-potong dalam keadaan panas hasilnya jadi tidak mulus. Tuh lihat saja hasil fotonya...hehehe. Saya ga sabaran jadinya terlanjur deh dipotong saat masih panas.

Sedikit cerita dulu ya man teman seputar pound cake. Konon nama jenis cake ini yakni pound cake karena dahulu takaran resepnya menggunakan takaran masing-masing bahan 1 pound atau sekitar 453,59 gram. Bahan utamanya tepung, gula, butter dan telur. Karena pada saat itu di Inggris masih banyak orang yang belum bisa membaca, sehingga ukuran 1 pound itu dipakai untuk memudahkan orang-orang mengingat resepnya.

Kalau saat ini pound cake sudah bervariasi dengan aneka bahan tambahan dan rasa. Dan banyak banyak terimakasih nih buat Ci Tintin Rayner atas resepnya. Karena dengan cara meletakkan loyang berisi air di bawah loyang adonan ternyata membuat hasil pound cake ini jadi lembab dan lembutttt. Alhasil sekarang jadi salah satu resep kesayanganku. Ehm...sudah dulu ya ceritanya saya mau menikmati dulu potongan pandan pound cake yang masih tersisa :)