Rabu, 21 September 2016

Otak Otak Goreng



Percobaan pertama bikin otak-otak goreng. "not bad" lah rasanya kalau menurut saya pribadi. hehe...he.. Tumben juga sih waktu itu pagi-pagi bisa berangkat ke pasar. Niatnya sih cuma mau belanja sayuran. Waktu itu pas semangat-semangatnya belajar banyak makan sayuran. Eh... pas nglewati los ikan segar, lirak lirik kok ada udang dan tenggiri bagus-bagus. Hmmm langsung keinget resepnya ci Amei nih, yang katanya seenak punya es teler 77. 
Bungkus dikit ah...yang penting asal cukup untuk 1 resepnya ci Amei. 
Nah ini resepnya ... 
Bahan
  • 150 gr ikan tenggiri
  • 100 gr udang
  • 4 siung bawang putih cincang
  • 1/2 sdm garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1 butir telur
  • 3 sdm minyak goreng
  • 1 sdm minyak wijen1 sdm gula
  • 250 gr tepung sagu/kanji/tapioka
  • 1 batang seledri iris halus
  • 100 gr labu siam kukus
Cara Buat
  • haluskan daging ikan dengan food processor. Kebetulan blender di rumah lagi rusak, jadi deh cuma dicincang pakai pisau hingga halus
  • jika menggunakan food processor, tambahkan bahan-bahan lainnya selain seledri dan tepung
  • proses hingga halus, kemudian tuang ke wadah
  • Masukkan tepung sagu dan seledri, aduk aduk hingga tercampur rata(jangan diuleni ya)
  • Olesi tangan dengan minyak, ambil sedikit adonan dan bentuk lonjong. kukus selama 30 menit
 
  • Goreng adonan yang sudah dikukus hingga matang dan berwarna kecoklatan